Keceriaan anak-anak dalam memperingati Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia dan Hari Kanker Anak Internasional

Di bulan Februari 2017 ini, FSG Tunas Bangsa memperingati Hari Kanker Sedunia dan Hari Kanker Anak Internasional.

Hari Kanker Sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Saat ini terdapat 8,2 juta manusia yang meninggal setiap tahunnya akibat kanker (dari www.harikankersedunia.com). Dengan adanya peringatan Hari Kanker Sedunia ini diharapkan akan semakin banyak jiwa yang dapat diselamatkan, karena semakin tingginya kesadaran manusia akan pentingnya kesehatan diri dan menghindarkan diri dari kebiasaan dan pola hidup yang dapat menyebabkan penyakit ini.

Hari Kanker Anak Internasional diperingati setiap tanggal 15 Februari. Di Indonesia dilansir diperkirakan setiap tahunnya terdapat 4.100 kasus baru kanker pada anak (merujuk pada artikel “Mewaspadai Gejala Kanker pada Anak” yang ditulis oleh dr Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A (K), MHA dalam Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan (semester 1, 2015). Artikel diakses melalui situs depkes.go.id. Selanjutnya disebutkan juga bahwa menurut data yang diperoleh dari RS Kanker Dharmais, pada tahun 2006, lebih kurang 50% pasien yang datang sudah dalam keadaan stadium lanjut.

Dalam upaya turut menggaungkan pentingnya membangun kesadaran dan kepedulian kita pada kanker khususnya kanker pada anak, maka sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, FSG Tunas Bangsa mengadakan acara peringatan kedua hari penting tersebut pada tanggal 26 Februari 2017.

Acara bertajuk “Genggam Asamu, Raih Citamu” yang sederhana namun meriah dipersiapkan oleh relawan dan beberapa kawan baru yang datang dari komunitas lain. Ada kakak Erwin yang memberikan hiburan musik melalui permainan flute-nya yang lembut dan menenangkan. Ada kakak-kakak dari Rumah Dongeng Mentari yang menampilkan sebuah drama yang sangat interaktif. Adik-adik pasien dan orangtua atau keluarga yang mendampingi tampak bersenang-senang dan terhibur. Acara diakhiri dengan membagi bingkisan dan tentu ditutup dengan sebuah harapan akan kesembuhan dan kesehatan yang lebih baik.




 … “cheese”!


 Panitia kecil dan pengisi acara




 berbagi bingkisan 








Video saat kegiatan
Share on Google Plus

FSG Tunas Bangsa

Family Supporting Group (FSG) Tunas Bangsa adalah organisasi non-profit yang didirikan di bawah Yayasan Bunga Bangsa Jakarta dan Yayasan Tunas Bangsa Jogja dengan tujuan mendampingi pasien dan keluarga pasien dengan penyakit Thallasaemia, Haemofilia dan Kanker Darah pada pasien Anak di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
    Blogger Comment