menjadi relawan FSG Tunas Bangsa...,

Nggak terasa, sudah lama juga kami eksis di dunia ke-relawan-an di RS dr Sardjito, Jogja, kira-kira sudah 6 tahunan lebih.
Silih berganti, datang dan pergi (sesukahati) relawan yang bergabung di fsg TB, yang dari ibu rumah tangga, pekerja kantoran, mahasiswa tingkat akhir, mahasiswa yg lagi nunggu wisuda, yang lagi nyleseiin skripsi, yang fresh graduate, sampai yang baru masuk kuliah.
Untuk menjadi relawan di fsg TB memang ga sulit, bahkan ngga dipersulit tepatnya, tinggal hubungi koordinator, dan datang di aksi kegiatan kami di rumah sakit, dan sedikit tanya - jawab, mengisi form dan tanda tangan "udah!"
Keragaman relawan di fsg TB memang unik, ibu Astuti misalnya, minggu pagi naik pramex dari Solo ke Jogja, berkegiatan di aksi relawan, terus balik lagi ke Solo, belum lagi ditambah salah kereta atau terlambat. Tapi itu semua tidak menyurutkan minat dan niat ibu Astuti, yang juga dikenal sebagai penulis, dan juga banyak aktif di kegiatan komunitas2 lain di Jogja
Ada yang bertempat tinggal di Bantul, nggak masalah bagi mbak Tiwuk S untuk hadir di hari Minggu pagi, ada juga yang tinggal di daerah sekitar Kota Gede. Dan mereka  adalah relawan2 lama yang masih aktif sampai sekarang.
Rata2 relawan fsg TB tidak mempunyai tendensi apa2 untuk bergabung di komunitas ini, murni hanya berkegiatan untuk fsg, untuk adik2 pasien di RS.
Bagi relawan atau calon relawan yang bergabung dengan membawa misi pribadi, sudah tentu akan kami tolak, misalnya untuk penelitian ini dan itu, bahkan ada yang mau bergabung hanya untuk melihat(lihat)! bukan mainn!!!!
Ada yang hanya untuk minta sertifikat, sedangkan itu diberikan apabila ybs intens bergabung dan mengikuti aksi2 kami tidak kurang dari 6 bulan.
Ya, kami berusaha membuat komunitas ini seprofesional mungkin, yang bukan hanya sebagai ajang iseng2 atau sekedarnya aja.
Kami juga punya kegiatan tahunan yang rutin , misalnya garage sale atau outdoor activity, dan yang wajib diikuti oleh semua relawan yang baru bergabung adalah pembekalan yang diberikan oleh dokter dan atau perawat terkait.

Untuk menjadi relawan di komunitas ini memang tidak sulit kok, hanya dibutuhkan komitmen, simpati, empati, anti mati gaya, kreatifitas, dan ke-rela-an untuk melakukan kegiatan ini semua.

salam...,
kristi
koordinator relawan fsg Tunas Bangsa.



Share on Google Plus

FSG Tunas Bangsa

Family Supporting Group (FSG) Tunas Bangsa adalah organisasi non-profit yang didirikan di bawah Yayasan Bunga Bangsa Jakarta dan Yayasan Tunas Bangsa Jogja dengan tujuan mendampingi pasien dan keluarga pasien dengan penyakit Thallasaemia, Haemofilia dan Kanker Darah pada pasien Anak di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
    Blogger Comment