Minggu Pagi Yang Cerah

ini jari jempol
Meluangkan waktu dengan anak-anak penderita kanker bersama FSG belakangan ini menjadi rutinitas minggu pagi saya (walaupun sering bolos karena keperluan ini itu hehe). Pada awalnya saya tertarik untuk menjadi relawan gara-gara seorang dosen yang bercerita tentang aktivitas ini. Setelah mendatangi bangsal anak dan bertanya-tanya tentang kegiatan FSG ini, saya pun tertarik untuk ikut, “lumayan, mengisi waktu luang sekaligus belajar” demikian pikir saya saat itu.

Pertama kali ikut aksi dengan relawan yang lain, kata yang paling sering muncul dalam hati saya adalah “oooh”, ketika harus berinteraksi dengan anak-anak penderita kanker, maklum pelajaran di kampus pada saat itu belum sampai pada tahap berinteraksi dengan pasien yang penyakitnya “expert” seperti kanker. Bermain bersama mereka, menghibur, bahkan dihibur oleh kejenakaan anak-anak tersebut, menjadi kesenangan tersendiri bagi saya. Ditambah, pengalaman yang sangat berharga untuk profesi yang InsyaAllah akan saya jalani nanti. Dari mengikuti kegiatan ini saya sedikit banyak belajar bagaimana memahami apa yang diharapkan dari para pasien anak-anak dan orang tuanya, bagaimana terapi yang anak-anak tersebut dapatkan, dan apa yang dirasakan sang anak selama terapi tersebut.

Suatu ketika saya pernah mengajak salah seorang anak ngobrol, ditemani orang tuanya juga, lalu saya bertanya, “dek kamu kok bisa ceria terus sih, hehe”. Lalu ternyata si adek malah jawab “iya dong mbak, ngapain sedih, temen aku kan banyak, nek aku sedih, ibu bapak ikutan sedih, terus aku sedih lagi, terus semua sedih, hahaha..” aduh malu banget pas denger kya gitu, secara saya yang lebih dewasa aja masih sering labil hahahahahaha..

Masih banyak sih ceritanya, tapi dicukupkan dulu deh. Yang jelas, ga nyesel jadi relawan di FSG :D

oleh : Rizky Ajrina Meidiyana  
Share on Google Plus

FSG Tunas Bangsa

Family Supporting Group (FSG) Tunas Bangsa adalah organisasi non-profit yang didirikan di bawah Yayasan Bunga Bangsa Jakarta dan Yayasan Tunas Bangsa Jogja dengan tujuan mendampingi pasien dan keluarga pasien dengan penyakit Thallasaemia, Haemofilia dan Kanker Darah pada pasien Anak di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
    Blogger Comment